Senin, 16 Mei 2011

JURNAL BELAJAR

JURNAL BELAJAR
HARI KE-1 (In Servis)


Nama : Lilih Solihat, S.Pd Tanggal : 27 September 2011

KEGIATAN/AKTIVITAS
Seluruh Anggota KKG Bermutu Gugus Bina 2 Sukaraja berkumpul di SDN. 01 Selaawi Sukaraja Sukabumi untuk mengikuti kegiatan awal KKG Bermutu yaitu In-Service yang dilaksanakan selama tiga hari, pada hari ini Senin, 22 Sep[tember 2011, sebagai peserta untuk melaksanakan kegiatan in servis BERMUTU hari pertama. Pembelajaran hari itu mengenai Kebijakan umum program BERMUTU. Program BERMUTU atau Better education trough reformed management and universal teacher upgrading merupakan salah satu program yang bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan melalui peningkatan kompetensi dan kinerja guru. Program BERMUTU ini mulai diluncurkan tahun 2008 dan akan berakhir tahun 2013 yang dilaksanakan di 75 kabupaten /kota di 16 propinsi. Saya menyimak apa yang dijelaskan oleh narasumber dengan baik. Beberapa pertanyaan saya ajukan kepada narasumber berkaitan dengan kebijakan program BERMUTU, di antaranya tentang latar belakang munculnya program BERMUTU dan latar belakang pemberi bantuan untuk program ini.Peserta lainpun aktif bertanya tentang masalah-masalah lain yang berkaitan dengan materi hari itu.
REFLEKSI DAN ANALISIS
Proses pembelajaran berpengaruh positif terhadap saya dan seluruh peserta. Narasumber (Drs. Solihin, M.Pd dari Dinas Pendidikan Kabupaten Suklabumi) menjelaskan segalanya dengan gamblang tentang kebijakan umum BERMUTU. Semua pertanyaan dan permasalahan yang kami ajukan beliau jawab dengan jelas sehingga peserta dapat memahami semua materi yang disajikan. saya merasa senang karena pada hari ini mendapat pencerahan mengenai kebijakan program BERMUTU. Sedikit demi sedikit apa yang menjadi pertanyaan dibenak saya tentang BERMUTU mulai mendapat jawaban.
LANDASAN PENGETAHUAN DAN PEMAHAMAN
Pengetahuan-pengetahuan dasar tentang BERMUTU yang saya pelajari dari CD mengenai BBM, membantu saya untuk memahami materi selanjutnya dari satu pertemuan ke pertemuan berikutnya serta alur belajar melalui program ini.

ISU-ISU UNTUK PENGEMBANGAN DAN BELAJAR MASA DEPAN
Untuk mengimplementasikan apa yang saya peroleh dari program BERMUTU ini melalui model belajar case study, lesson study dan PTK , saya harus menerapkannya dalam kegiatan nyata di kelas.Selain dari itu saya perlu membaca buku-buku sumber lain yang relevan agar apa yang saya dapatkan dan pelajari menjadi lebih jelas.
PESAN UTAMA
Dari kegiatan belajar hari ini saya memperoleh pengetahuan baru tentang BERMUTU, terutama mengenai kebijakan serta latar belakang , sasaran, tujuan, model belajar serta pendanaan program ini.



JURNAL BELAJAR
HARI KE-2 (In Servis)

Nama : Lilih Solihat, S.Pd Tanggal : 28 September 2011

KEGIATAN/AKTIVITAS
Hari kedua kegiatan in servis tepatnya tanggal 28 September 2011, saya kembali mengikuti kegiatan in servis BERMUTU. Pembelajaran hari ini mengenai KTSP. Saya mendapat penjelasan mengenai apa itu KTSP, bagaimana cara mengembangkan KTSP serta komponen-komponen yang harus ada pada KTSP seperti dokumen 1 dan dokumen 2. akhirnya saya berdiskusi mengembangkan sebuah Kompetensi dasar dari silabus menjadi sebuah RPP. Semua peserta aktif merancang RPP sesuai dengan KD yang telah ditetapkan. Penyusunan RPP tersebut dilakukan secara berkelompok. Pada kegiatan penyusunan RPP ini, saya banyak mendapat masukan dan memberi masukan kepada anggota kelompok yang lain.

REFLEKSI DAN ANALISIS
Proses pembelajaranhari itu sangat penting sekali bagi saya sebagai seorang guru,dengan demikian banyak memberikan pengaruh positif terhadap saya dan seluruh peserta. Narasumber (Euis Ina Karmina,S.Pd. guru pemandu dari SMPN 2 Sumedang) menjelaskan segalanya dengan gamblang tentang KTSP. Semua pertanyaan dan permasalahan yang kami ajukan beliau jawab dengan jelas sehingga peserta dapat memahami semua materi yang disajikan. saya merasa senang karena pada hari ini mendapat pencerahan mengenai KTSP walaupun materi itu sudah tidak asing lagi bagi guru-guru akan tetapi pada hari itu banyak hal baru yang kami peroleh.Kami banyak mendapat masukan tentang mengembangkan silabus menjadi RPP, merancang kegiatan pembelajaran yang tidak membosankan, serta menentukan dan membuat media pembelajaran yang menarik dan sesuai dengan materi yang diajarkan. Saya senang sekali karena bisa memperoleh semua itu.
LANDASAN PENGETAHUAN DAN PEMAHAMAN
Pengetahuan-pengetahuan dasar tentang KTSP yang disajikan narasumber melalui power point, membantu saya untuk memahami materi tersebut secara gamblang. Selain itu narasumber juga memberikan materi yang telah dipotocopy sebelumnya berupa tulisan tentang KTSP

ISU-ISU UNTUK PENGEMBANGAN DAN BELAJAR MASA DEPAN
Untuk mengimplementasikan apa yang saya peroleh dari pembelajaran tentang KTSP saya harus menerapkannya dalam kehidupan nyata saya di sekolah/di kelas.Selain itu buku-buku sumber lain yang berkaitan dengan KTSP pun harus saya baca, agar pemahaman saya tentang materi hari ini menjadi bertambah luas.

PESAN UTAMA
Dari kegiatan belajar hari ini saya memperoleh pengetahuan baru tentang KTSP diantaranya tentang isi dokumen 1 dan dokumen 2 sebagai komponen KTSP. Yang lebih menyenangkan, saya bisa berdiskusi dengan peserta lain dalam menentukan kegiatan pembelajaran yang aktif, kreatif, inovatif dan menyenangkan serta didukung media pembelajaran yang sesuai.



JURNAL BELAJAR
HARI KE-3 (In Servis)

Nama : Lilih Solihat, S.Pd Tanggal : 29 September 2011

KEGIATAN/AKTIVITAS
Kegiatan In-Servise hari terakhir tepatnya hari Rabu, 29 September 2011. Saya kembali mengikuti kegiatan tersebut bersama para peserta yang lain . Pembelajaran hari ini membahas mengenai Pengenalan TIK dan Materi On Line Narasumber memaparkan banyak hal sebagai berikut:
-Apa itu TIK
-Bagaimana teknik belajar dengan menggunakan TIK
-Bagaimana alur belajar TIK
-Bagaimana mengerjakan tugas-tugas terstruktur dan tugas mandiri
-Membuat case study
Saya sangat antusias mengikuti pembelajaran hari ini. Saya banyak bertanya mengenai tagihan-tagihan untuk setiap pertemuan serta teknik menyusun case study yang baik

REFLEKSI DAN ANALISIS
Proses pembelajaran hari itu sangat penting sekali bagi saya sebagai salah seorang peserta BERMUTU. Sudah pasti kegiatan hari ini memberikan pengaruh positif terhadap saya dan seluruh peserta. Narasumber Bapak Obing Hobir, S.Pd (DCT Kabupaten Sukabumi) menyampaikan materi hari ini sangat menarik dan tidak membosankan. Penjelasan-penjelasannya mudah dipahami apalagi dibantu dengan media power point yang membuat materi yang disampaikan semakin jelas. Kekecewaan saya karena menunggu kedatangan beliau selama berjam-jam akhirnya terobati dengan cara beliau menyampaikan materi serta pentingnya materi yang disampaikan.Akhirnya kami maklum dan memaafkan beliau yang datang terlambat karena beliau harus menyampaikan materi yang sama di tempat lain yaitu di Paseh. Walaupun harus pulang mulur dari jadwal yang telah ditentukan tapi saya merasa senang. Pengorbanan waktu hari itu betul-betul terbalaskan dengan ilmu yang kami peroleh.

LANDASAN PENGETAHUAN DAN PEMAHAMAN
Hari ini, narasumber memandu kami untuk bisa membuka CD yang telah kami peroleh 2 hari sebelumnya. Materi BBM yang beliau jelaskan terutama tentang model dan alur belajar BERMUTU membantu saya untuk memahami materi selanjutnya.

ISU-ISU UNTUK PENGEMBANGAN DAN BELAJAR MASA DEPAN
Untuk menambah pengetahuan saya terutama tentang lesson study, case study, dan PTK, saya harus lebih banyak membaca atau membuka BBM yang terdapat dalam CD. Buku-buku penunjang lain yang berkaitan dengan materi hari ini pun harus saya baca, agar saya bisa lebih memahami materi yang saya peroleh hari ini.

PESAN UTAMA
Dari kegiatan belajar hari ini saya memperoleh pengetahuan baru tentang TIK. Selain itu saya jadi lebih paham tentang case study, learning journal, PTK dan lesson study.

1 komentar: